Pendaftaran POLINEMA 2024/2025

Pendaftaran Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) 2024, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), SPMB Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Jalur Masuk Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, 

Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) 2024/2025. Sebelum membahas lebih lanjut, admin akan mengajak anda untuk mengulas sekilas informasi tentang Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

https://www.infopmb.web.id/

Sedikit Mengenai  POLINEMA

Politeknik Negeri Malang merupakan lembaga pendidikan vokasi, pada awalnya untuk bidang rekayasa dibantu oleh Bank Dunia dan tenaga ahli dari Swiss yang tergabung dalam Swiss Contact dan bertindak sebagai Technical Assistant bersama dengan beberapa tenaga ahli dari Indonesia yang telah mendapat pendidikan khusus di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung. Sedangkan untuk bidang tata niaga mendapatkan bantuan dari The Australian Project. Sejak bulan Nopember 2004 berdasarkan SK. Nomor 147/O/2004 tanggal 22 Nopember 2004, Politeknik Universitas Brawijaya telah memperoleh status kemandirian menjadi Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

Sebelum anda melakukan Pendaftaran POLINEMA, ada baiknya anda dapat mencari informasi mengenai Jurusan dan Program Studi yang akan anda pilih nantinya sesuai keinginan anda.

Baca : Jurusan dan Program Studi di POLINEMA 
Setelah anda memilih Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA). Mungkin ada salah satu yang anda inginkan. Oleh karena itu. silahkan anda mendaftarkan diri anda agar bisa  menjadi mahasiswa di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Malang (Polinema) yaitu jalur PMDK, Jalur Bidikmisi, jalur UMPN, Jalur Mandiri, Program Kerjasama GMF Aeoro Asia, Program Kerjasama PT. PLN.

Untuk mengetahui informasi jalur yang ada di Politeknik Negeri Malang (Polinema). Simak informasi berikut ini :

1. Pendaftaran Online PMDK-PN POLINEMA 

Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website resmi PMDK-PN yaitu www.pmdk.politeknik.or.id. Pendaftaran diawali oleh sekolah yang merekomendasikan siswanya. Selanjutnya Kepala sekolah memberikan usernama dan password kepada siswa untuk melakukan pendaftaran ke alamat website www.pmdk.politeknik.or.id. Kemudian peserta mengisi data secara lengkap dan benar. Jika selesai mengisi data secara benar, Kemudian peserta wajib mencetak tanda bukti pendaftaran. 

Untuk biaya pendaftaran PMDK-PN, Peserta tidak perlu mengeluarkan biaya, karena sudak di tanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran lagi. Hal ini sedikit meringankan biaya bagi peserta yang kurang mampu (miskin).

Untuk Informasi lebih lengkap mengenai PMDK-PN seperti Jadwal Pelaksanaan, Mekanisme Seleksi, Persyaratan, dan daftar Politeknik se-indonesia, anda dapat baca pada artikel yang yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN 

2. Pendaftaran Jalur Bidikmisi POLINEMA 

Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki kemampuan / prestasi yang baik saat masih di Sekolah. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada alamat tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, dan lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi 

3. Pendaftaran Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

Jalur SBMPN merupakan seleksi Jalur Tes yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang okasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran. Selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara on-line. Selain mengakses laman https://sbmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri terdekat yang tergabung dalam SBMPN ini

Persyaratan Khusus Program Studi D3 Teknik Pemeliharaan Pesawat Udara :
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2020
  • Berbadan sehat dan tidak buta warna (Surat Keterangan Dokter)
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik (Sertifikat TOEFL)
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  • Tidak berkaca mata dan tidak memiliki ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran studi atau pekerjaan
  • Tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan, dengan berat badan proposional
  • Tidak bertato atau bertindik bagi laki-laki
  • Lulus ujian masuk/seleksi penerimaan.
  • Melampirkan Surat Keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit atau dari POLRI. (Setelah dinyatakan lulus SBMPN)
  • Melampirkan surat Keterangan Berkelakuan Baik (keterangan dari POLRI). (Setelah dinyatakan lulus SBMPN)
  • Pendaftar SBMPN Program Studi D3 Teknik Pemeliharaan Pesawat Udara wajib mendownload dan mengisi Pernyataan Pendaftar yang dapat di http://admisi.polinema.ac.id/sbmpn
Persyaratan Khusus Program Double Degree
Pendaftar SBMPN Program Double Degree wajib mendownload dan mengisi Pernyataan Orangtua. Untuk informasi lebih, anda dapat mngakses alamat website resmi http://admisi.polinema.ac.id/sbmpn

Persyaratan Khusus Kelas Internasional
Pendaftar SBMPN Program KELAS INTERNASINAL wajib mendownload dan mengisi Pernyataan Orangtua. Untuk informasi lebih, anda dapat mngakses alamat website resmi http://admisi.polinema.ac.id/sbmpn

4. Pendaftaran Jalur Mandiri POLINEMA

Seleksi Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi mahasiswa baru dengan ujian akademis berbasis komputer (computer based test), untuk mengukur proyeksi kemampuan peserta dalam menyelesaikan studi di jenjang Diploma III dan Diploma IV pada program studi di Polinema.

Jalur Seleksi Mandiri ini terbuka untuk umum bagi lulusan SMA, MA, SMK dan yang sederajat (Kejar Paket C dan Home Schooling) baik negeri maupun swasta yang terakreditasi.

Bagi calon pendaftar yang pernah mengikuti seleksi jalur SNMPN dan SBMPN belum berhasil diterima juga masih diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi di jalur ini.

Persyaratan Pendaftar Jalur Mandiri
  • Memiliki NISN (Nomer Induk Siswa Nasional)
  • Lulus SMA, MA, SMK dan Kejar Paket C; tahun lulus 2018, 2019 dan 2020
  • Tidak buta warna bagi yang memilih program studi bidang Rekayasa, dengan menunjukkan (upload) hasil tes buta warna dari rumah sakit pemerintah
  • Usia maksimal 21 tahun pada tanggal Juli 2020
  • Bersedia melakukan rangkaian tes lanjutan yang disyaratkan untuk program studi tertentu
  • Mematuhi ketentuan umum yang ditetapkan panitia Jalur Seleksi Mandiri
Persyaratan Jalur Mandiri Online

Peserta ujian seleksi Jalur Mandiri Online, diwajibkan mempunyai komputer/laptop/notebook dan smartphone sebagai media dalam pelaksanaan ujian, dengan spesifikasi minimal sebagai berikut :

1. Spesifikasi Minimal Komputer/laptop/notebook
  • Sistem Operasi : Windows 7/8/8.1/10 atau MacOS (macOS 10.15 Catalina, macOS 10.14 Mojave, macOS 10.13 High Sierra, macOS 10.12 Sierra, OS X 10.11 El Capitan)
  • Prosessor : Intel/AMD dengan kecepatan minimal 1GHz
  • Memory (RAM) : 2GB
2. Spesifikasi Minimal Smartphone
  • iPhone dengan IOS versi 8.0
  • Smartphone Android dengan versi minimal Android 5.0x
Persyaratan Jalur Mandiri Offline

Ujian dilaksanakan secara Offline berbasis komputer di Kampus Polinema. Syarat peserta yang mengikuti seleksi Mandiri Offline adalah :
  • WAJIB melakukan RAPID TES secara mandiri dan membawa hasil Rapid Tes saat pelaksanaan ujian (masa berlaku hasil tes harus masih aktif) dan dinyatakan non reaktif
  • Peserta datang satu jam sebelum jam pelaksanaan ujian.
  • Peserta WAJIB mengikuti pemeriksaan suhu badan sebelum memasuki kampus.
  • Peserta yang bersuhu di atas 38oC, atau demam atau keluhan lain disarankan untuk mengatur ulang jadwal ujian Tes Mandiri Tahap 2 (CBT), dan melapor ke panitia di lokasi.
  • Peserta yang membawa kendaraan sendiri dan menunjukkan kartu peserta ujian, diperkenankan masuk dengan menempati tempat parkir khusus yang memenuhi protokol kesehatan Covid-19.
  • Berjalan kaki dari tempat parkir menuju tempat lokasi ujian.
  • Orang tua/pendamping peserta tidak diperkenankan memasuki area kampus.
  • WAJIB mengenakan masker, dan dianjurkan mengenakan sarung tangan dan face shield, serta membawa peralatan kesehatan mandiri (starter kit).
  • WAJIB menjaga kebersihan area kampus.
  • Tidak diperkenankan masuk kampus jika tidak mengenakan masker.
  • Tidak diperkenankan makan di tempat ujian.
  • Tidak diperkenankan masuk ke tempat ujian diluar jadwal ujian.
  • Peserta diminta secara bergiliran untuk segera meninggalkan ruangan dan menuju pintu keluar kampus dengan berjalan kaki sesuai arahan dari petugas.
Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- dapat dibayarkan di loket/teller/ATM Bank BNI, Mandiri, BRI dan BTN seluruh Indonesia, dengan menyebutkan nomor TOKEN yang didapat dari pendaftaran Online.

5. Pendaftaran Program Kerjasama POLINEMA dan PT.PLN(Persero)

PENGUMUMAN

Nomor : 7157/PL2.1/TM/2020

TENTANG PENUNDAAN SELEKSI PROGRAM D-III KELAS KERJASAMA PLN DENGAN POLITEKNIK NEGERI MALANG TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Berdasarkan pada surat dari PT. PLN Nomor : 5112/SDM.01.01/A01503/2020 perihal Penundaan Seleksi Program D-IV & D-III Kelas Kerjasama PLN Tahun 2020 dan telah ditetapkannya Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) sebagai Bencana Nasional dan tidak dapat diprediksi kapan pandemi Covid 19 akan berakhir, dengan ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  • Pendaftaran Program D-III Kelas Kerjasama PLN dengan Politeknik Negeri Malang dinyatakan DITUTUP per tanggal 16 April 2020 .
  • Program D-III Kelas Kerjasama PLN dengan Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2022/2023 ditunda dan akan dilaksanakan pada Tahun Akademik 2022/2023
  • Bagi seluruh pendaftar Program D-III Kelas Kerjasama PLN dengan Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2022/2023 yang sudah melakukan pendaftaran dan pembayaran untuk mengurus pengembalian uang pendaftaran dengan mengikuti prosedur yang ada di web: spmb.polinema.ac.id
  • Atas nama Politeknik Negeri Malang, kami sampaikan permohonan maaf atas penundaan ini. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. 16 April 2020
6. Pendaftaran Program Kerjasama POLINEMA dan GMF Aero Asia

Pasar industri layanan perawatan dan perbaikan pesawat udara berkembang sangat pesat, di kawasan ASEAN, khususnya Indonesia. PT GMF AeroAsia Tbk. Merupakan industri penyedia layanan maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat udara terbesar di Indonesia dengan visi menjadi 10 besar MRO dunia (2020). Dalam rangka ekspansi usahanya, PT GMF AeroAsia Tbk. bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) untuk membuka kelas kerjasama industri dengan ikatan dinas pada bidang keahlian Airframe Powerplant (AP) di bawah Program Studi Diploma Tiga (D-III) Teknik Mesin.

Kurikulum kelas kerjasama industri ini dikembangkan oleh PT GMF AeroAsia Tbk. dan POLINEMA, guna memenuhi peraturan – peraturan keselamatan penerbangan sipil (Civil Aviation Safety Regulations, CASR) dan peraturan – peraturan pendidikan tinggi. Lulusan program ini akan memperoleh Ijazah D-III sekaligus Sertifikat Basic Aircraft Maintenance (BAM) sesuai CASR 65 yang berlaku secara internasional sebagai landasan kerja dan jaminan untuk melanjutkan pendidikan formal / non formal pada jenjang lebih tinggi.

Calon mahasiswa diseleksi bersama oleh PT GMF AeroAsia Tbk. dan POLINEMA. Lulusannya langsung diterima kerja sebagai teknisi pada PT GMF AeroAsia Tbk. atau pada PT Garuda Daya Pratama Sejahtera, yang merupakan anak perusahaan PT GMF AeroAsia Tbk.

Keunggulan Program ini :
  • Lulusan mendapatkan Ijazah D-III dan Sertifikat Basic Aircratf Maintenance sesuai CASR 65, yang berlaku secara internasional, untuk bekerja pada bidang perawatan pesawat udara;
  • Lulusan langsung diterima sebagai pegawai PT GMF AeroAsia Tbk.;
  • Pada semester VI (Enam), mahasiswa mengikuti magang kerja di instansi di lingkungan PT GMF AeroAsia Tbk.
PENDAFTARAN BELUM DIBUKA

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoa informasi tentang Pendaftaran Online POLINEMA 2024/2025 yang admin sampaikan tersebut bisa meberikan manfaat untuk anda yang membaca. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa di POLINEMA. Sekian dari admin dan salam sukses.